Lifestyle
Jumat, 24 Oktober 2014 - 16:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Hati-Hati, 13 Hal Ini Bikin Tubuh Anda Cepat Lelah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (andersonaudiology.com)

Solopos.com, JAKARTA – Aktivitas sehari-hari membuat tubuh kita lelah. Apalagi jika pekerjaan menumpuk dan kurang istirahat, maka lelah yang mendera tubuh kita bisa semakin menjadi-jadi.

Kekurangan waktu tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa energi tubuh Anda terkuras. Berikut ini 13 kebiasan umum yang dapat membuat anda merasa lelah menurut para ahli seperti dikutip dari health.com, Jumat (24/10/2014).

Advertisement

1. Melewatkan Olahraga

Melewatkan olahraga untuk menghemat energi benar-benar menghasilkan hal berlawanan. Dalam sebuah studi dari Universitas Georgia, diketahui, orang dewasa sehat yang mulai berolahraga ringan tiga kali sepekan selama 20 menit merasa kurang lelah dan lebih bersemangat setelah enam pekan.

2. Kurang Minum Air

Advertisement

Pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD, mengatakan, kekurangan cairan atau dehidrasi berdampak pada menurunnya tingkat energi. Menurut dia, dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, yang membuat darah lebih tebal. Hal ini menjadikan jantung memompa kurang efisien, mengurangi kecepatan di mana oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ.

3. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak mampu fokus. Hal ini menurut Goodson, karena kurangnya oksigen dalam tubub Anda.

4. Perfeksionis

Advertisement

Profesor psikiatri dari University School of Medicine, Irene S. Levine, PhD, mengatakan, berjuang menjadi sempurna membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama lebih dari yang diperlukan. Levine merekomendasikan, untuk menetapkan batas waktu untuk proyek Anda, dan berhati-hatilah untuk menaatinya.

5. Cemas Berlebihan

Kecemasan berlebihan seperti menganggap Anda akan dipecat hanya gara-gara bos memanggil secara tiba-tiba, atau mengharapkan skenario terburuk akan selalu terjadi pada Anda dapat melumpuhkan dan membuat mental Anda lelah.

Ketika Anda berpikir negatif, ambilah napas dalam-dalam dan bertanya pada diri sendiri seberapa besar kemungkinan itu buruk itu akan terjadi. Cobalah ke luar ruangan, berolahraga atau berbagi keprihatinan dengan seorang teman. Hal ini akan membantu Anda lebih realistis.

Advertisement

6. Melewatkan Sarapan

Makanan yang merupakan bahan bakar tubuh, dan ketika Anda tidur, tubuh terus menggunakannya. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari, Anda perlu untuk mengisi bahan bakar tubuh dengan sarapan, jika tidak maka Anda merasa lesu.

7. Konsumsi Junk Food

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana memiliki peringkat tinggi soal indeks glisemik (GI) — indikator seberapa cepat karbohidrat meningkatkan gula darah. Lonjakan gula darah diikuti penurunannya secara tajam menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Oleh karena itu, jagalah gula darah agar tetap stabil dengan mengonsumsi makanan berprotein dan gandum.

Advertisement

8. Anda Bermasalah Mengatakan Tidak

Menyenangkan orang lain tak jarang mengorbankan energi dan kebahagiaan Anda. Lebih buruk lagi, hal ini dapat membuat Anda kesal dan marah dari waktu ke waktu. Jadi, menurut psikolog Susan Albers, saat atasan memaksa Anda bekerja di hari libur Anda, cobalah berkata “tidak”.

9. Meja Kerja Anda Berantakan

Menurut sebuah studi dari Universitas Princeton, meja berantakan bisa membatasi kemampuan Anda untuk fokus dan kemampuan otak Anda untuk memproses informasi.

10. Tetap Bekerja Selama Liburan

Membiarkan diri untuk benar-benar bersantai memungkinkan pikiran dan tubuh untuk muda kembali dan kembali ke kantor dalam kondisi lebih kuat. Ketika Anda benar-benar beristirahat, Anda akan lebih kreatif, produktif, dan efektif ketika Anda kembali bekerja.

Advertisement

11. Periksa Email Jelang Tidur

Menurut medical director of New York Neurology & Sleep Medicine, P.C., di New York, Allen Towfigh, MD, cahaya silau dari layar tablet, smartphone atau komputer Anda dapat menghilangkan ritme sikardian tubuh alami Anda dengan melepaskan melatonin — hormon yang membantu meregulasi siklus tidur dan bangun dari tidur.

Sebaiknya jauhi semua perangkat teknologi, satu atau dua jam sebelum tidur. Jika hal ini dirasa sulit, sebisa mungkin pegang perangkat teknologi dengan jarak 14 inci dari wajah Anda untuk mengurangi risiko gangguan tidur.

12. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Towfigh mengatakan tiga cangkir kopi sehari bagus untuk Anda. Namun, penggunaan kafein yang tidak semestinya dapat menganggu siklus tidur Anda secara serius. Kafein menghalangi adenosin, sel aktif yang menghantarkan Anda tertidur.

13. Tidur Terlalu Larut di Akhir Pekan

Towfigh mengatakan beraktivitas terlalu larut di Sabtu malam lalu tidur di Minggu pagi akan mempersulit Anda tidur pada Minggu malam. Dia menyarankan, cobalah untuk bangun seperti hari biasanya dan beristirahatlah di siang hari selama 20 menit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif