Lifestyle
Minggu, 12 Oktober 2014 - 20:40 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Awas, Makanan Sehat Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah jeruk (insideinter.com.io)

Solopos.com, SOLO – Banyak orang beranggapan banyak mengonsumsi makan makanan sehat akan bermanfaat bagi kesehatan. Faktanya, mengonsumsi terlalu banyak makanan sehat jenis tertentu justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Inilah beberapa makanan sehat yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan sebagaimana dikutip Healthmeup, Minggu (12/10/2014):

Advertisement

Kedelai
Kedelai adalah makanan sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi, kedelai dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti menghalangi penyerapan zat besi dan menyebabkan hiperplasia endometrium atau perforasi pada lapisan rahim.

Jeruk
Jeruk memiliki rasa yang asam. Penelitian terbaru menyebutkan makan jeruk terlalu banyak dapat menyebabkan refluks asam. Tak hanya jeruk, tomat juga memiliki sifat yang sama, Anda dianjurkan tidak mengonsumsi lebih dari dua porsi per hari.

Bayam
Bayam yang dimasak dengan metode direbus atau dimasak memang menjadi sayuran yang menyehatkan. Tapi, makan bayam mentah terlalu banyak dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Orang yang telah memiliki masalah dengan batu ginjal harus menghindari mengonsumsi bayam.

Advertisement

Bawang Putih
Bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki beberapa manfaat kesehatan, tapi makan terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti masalah pencernaan, sakit kepala, dan kelelahan. Batasan konsumsi bawang berbeda pada setiap orang, tetapi orang yang sehat dianjurkan tidak mengkonsumsi lebih dari empat siung per hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif