Lifestyle
Minggu, 28 September 2014 - 22:31 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Akibatnya Jika Anda Melewatkan Sarapan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sarapan (Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Bangun kesiangan dan singkatnya waktu menjadi penyebab utama banyak orang seringkali memilih melewatkan sarapan sebelum melakukan berbagai aktivitas. Tapi tahukah Anda, melewatkan sarapan justru berdampak negatif bagi kesehatan.

Berikut beberapa dampak negatif saat Anda melewatkan waktu sarapan Anda sebagaimana dilansir Healthmeup, Sabtu (27/9/2014):

Advertisement

Kelelahan
Melewatkan sarapan akan memperlambat metabolisme yang akan membuat Anda mudah terasa lelah. Ketika Anda sarapan secara teratur, hal itu akan menjadi semacam bahan bakar bagi metabolisme Anda agar dapat berjalan lancar sehingga membuat Anda lebih bertenaga dan fokus pada pekerjaan.

Berdampak Pada Hormon
Melewatkan sarapan dapat mempengaruhi hormon Anda. Perubahan hormon ini meningkatkan tingkat kortisol dalam tubuh sehingga menyebabkan Anda merasa stres. Hal itu juga dapat menyebabkan tingkat insulin naik dan turun dengan cepat yang akan berdampak buruk pada gula darah dan penambahan berat badan.

Menimbun Lemak
Sarapan dimaksudkan untuk menghidupkan kembali sistem Anda sebelum Anda memulai aktivitas. Ketika Anda tidak melakukannya, tubuh Anda menjadi bingung dan berpikir bahwa Anda sedang kelaparan. Hal ini akan menyebabkan tubuh mulai menyimpan lemak untuk menghemat bahan bakar.

Advertisement

Mempengaruhi Suasana Hati
Melewatkan sarapan tidak hanya akan mempengaruhi hormon tetapi juga akan membuat Anda lelah. Kedua faktor tersebut dapat membuat Anda memiliki suasana hati yang buruk.

Memicu Makan Berlebihan
Saat Anda melewatkan sarapan Anda akan cenderung untuk makan secara berlebihan di siang hari. kehilangan kontrol makan akan berdampak pada penambahan berat badan.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif