Lifestyle
Sabtu, 27 September 2014 - 01:30 WIB

KISAH UNIK : Kebanyakan Makan Sushi, Tubuh Pria Ini Dipenuhi Cacing Pita

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hasil X-Ray Pria Penggemar Cacing Pita asal Tiongkok (dailymail.co.uk)

Solopos.com, GUANGZHO–Seorang penggemar makanan Sushi asal Tiongkok ini mengungkap fakta mengejutkan. Gara-gara kebanyakan makan kuliner asal Jepang itu, tubuh pria ini dipenuhi cacing pita.

Suatu hari, pria yang tak disebut namanya itu memeriksakan diri ke dokter. Ia mengeluhkan sakit luar biasa di perutnya dan gatal di seluruh kulitnya.  Setelah konsultasi ke dokter, betapa terkejutnya ia ketika melihat hasil scan di mana banyak cacing pita bersarang di tubuhnya.

Advertisement

Dokter yakin, ikan mentah yang dikonsumsi penderita telah terkontaminasi. Pasien akhirnya dirawat di Guangzhou No. 8, Rumah Sakit Rakyat di Provinsi Guandong di China timur.

“Mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dan terkontaminasi telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis, jika cacing dewasa yang menetas dari telur memasuki aliran darah,” kata dr Yin dari Guangzhou No. 8 People’s Hospital, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (25/9/2014).

Sejumlah penelitian menunjukan, mengonsumsi ikan mentah atau yang tak matang bisa mengakibatkan berbagai infeksi parasit. Infeksi cacing pita bisa terjadi setelah seseorang mengonsumsi larva Diphyllobothrium yang ditemukan pada ikan air tawar seperti salmon. Meskipun sudah diasinkan atau diasap, kemungkinan kontaminasi larva tersebut masih ada.

Advertisement

“Beberapa ikan yang berasal dari daerah lain untuk membuat sushi atau sashimi bisa saja terkontaminasi. Cara penyajian juga patut diperhatikan karena piring yang kurang bersih pun bisa membuat ikan mentah terkontaminasi,” tutur ketua tim peneliti Nancy Craig dalam jurnal Canadian Family Physician dan dikutip pada Jumat (26/9/2014).

Kasus infeksi cacing pita diketahui meningkat di area-area miskin dengan sanitasi yang buruk. Namun, hal serupa juga ditemukan di negara maju.

Diduga, peningkatan kasus di negara maju diakibatkan makin meningkatnya popularitas sushi dan sashimi. Demikian ditulis di jurnal Canadian Family Physician.

Advertisement

Sementara, Dr Yin dari Rumah Sakit Guangzhou No. 8 dalam that’smags.com mengatakan bahwa makanan yang terkontaminasi  telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis, kondisi ketika cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif