Lifestyle
Kamis, 25 September 2014 - 22:09 WIB

HASIL PENELITIAN : Burger dan Kentang Goreng Sebabkan Kebodohan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi burger dan kentang goreng akan menyebabkan obesitas. Tapi ada efek negatif lain saat Anda mengonsumsi makanan junk food tersebut, yakni berdampak pada kinerja otak yang akan menyebabkan Anda lebih bodoh.

Dilansir Daily Mail, Kamis (25/9/2014), penelitian terbaru menyebutkan mengonsumsi burger di usia 14 tahun akan menurunkan kinerja otak secara kognitif saat usianya yang menginjak 17 tahun.

Advertisement

Mengonsumsi daging olahan, kentang goreng, dan minuman bersoda dapat mempengaruhi kemampuan mental, perhatian visual, memori otak, serta kegiatan belajar.

Dari 602 relawan yang dilibatkan dalam penelitian ini, remaja tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni mengonsumsi sayur dan buah dan mengonsumsi junk food.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi junk food memiliki efek kinerja otak yang lebih buruk ketimbang kelompok yang mengonsumsi sayur dan buah yang memiliki kinerja kognitif yang positif.

Advertisement

Peneliti, Dr Anett Nyaradi mengatakan, hal itu bisa disebabkan karena peningkatan konten mikronutrien dari sayuran berdaun hijau yang seringkali dikaitkan dengan manfaat perkembangan kognitif otak.

Sedangkan bagi yang mengonsumsi junk food tingkat omega-6 asam lemak dalam makanan yang digoreng dan daging merah tidak baik untuk perkembangan kognitif otak.

“Masa remaja merupakan periode untuk perkembangan otak. Ada kemungkinan pola makanan yang buruk merupakan faktor risiko yang signifikan selama periode ini. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi kebijakan kesehatan di masa depan,” ujar Anett Nyaradi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif