Lifestyle
Sabtu, 20 September 2014 - 09:09 WIB

TIPS KESEHATAN : Wow, Punya Jenggot Ternyata Banyak Manfaatnya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dailystar.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Banyak pria yang memanjangkan jenggot dengan alasan untuk tampil lebih maskulin. Tak jarang pula yang memilih untuk menghilangkannya lantaran menganggap wajah mereka menjadi terlihat tidak bersih.

Di balik itu semua, tahukah Anda jika menumbuhkan jenggot ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari memelihara jenggot sebagaimana dilansir Healthmeup, Jumat (19/9/2014):

Advertisement

Mencegah Kanker
Matahari memiliki kandungan ultraviolet yang dapat membahayakan kesehatan kulit dan rentan terkena kanker kulit. Jika Anda menumbuhkan jenggot, sebagian wajah Anda akan tertutupi, sehingga akan menguragi risiko kangker kulit secara signifikan.

Menjaga Kulit Tetap Halus
Banyak orang mencukur jenggot justru menimbulkan banyak luka di wajah sehingga dan meninggalkan bekas. Hal ini akan menjadikan kulit menjadi tidak halus. Saat memutuskan untuk memanjangkannya, secara otomatis kulit juga akan mengurangi risiko luka di wajah Anda.

Menjaga Kelembaban Alami
Paparan sinar matahari di musim panas dan terkena udara dingin akan mengeringkan kulit wajah Anda. Saat Anda memiliki jenggot, kulit Anda akan terjaga kelembaban alaminya. Kelenjar Sebaceous yang ada pada kulit juga akan terkikis saat Anda mencukur jenggot.

Advertisement

Mencegah Infeksi
Pria yang mencukur jenggot secara teratur akan lebih rentan terkena penyakit kulit seperti ruam dan infeksi. Dengan mempertahankan jenggot Anda, masalah kulit tentu tak akan menjadi sebuah hal yang perlu dikhawatirkan.

Mengurangi Alergi
Sama seperti rambut kecil yang ada di hidung Anda yang berfungsi mencegah debu masuk ke sistem pernapasan Anda, jenggot juga bekerja sebagai filter yang dapat menjaga Anda dari debu yang akan memasuki hidung dan mulut.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif