Lifestyle
Kamis, 18 September 2014 - 11:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama...

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi duduk terlalu lama di meja kerja (Active.com)

Solopos.com, SOLO – Tanpa kita sadari, duduk selama berjam-jam di kantor dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Menurut penelitian, duduk selama delapan jam kerja akan menyebabkan penyakit seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Dikutip Solopos.com dari situs Boldsky, Rabu (17/9/2014), beberapa masalah kesehatan yang bisa dipicu duduk terlalu lama:

Advertisement

Diabetes
Duduk selama berjam-jam di tempat kerja dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Penting bagi Anda untuk menjaga tubuh Anda tetap aktif setiap hari. Usahakan setiap setengah jam Anda beranjak dari tempat duduk Anda dan bergerak setidaknya lima menit.

Penyakit Jantung
Otot membakar sedikit lemak dan darah mengalir lebih lambat saat Anda duduk terlalu lama, hal ini akan menyebabkan asam lemak dengan mudah menyumbat jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Demi menghindari risiko ini, pastikan Anda istirahat selama lima menit setiap setengah jam duduk.

Varises
Varises adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dimiliki orang, penyakit tersebut akan diperparah ketika duduk selama berjam-jam di tempat kerja Anda. Ada banyak tekanan di kaki tatkala Anda duduk berlama-lama dan hal itu akan lebih parah jika Anda duduk dalam posisi yang salah.

Advertisement

Kerusakan Organ
Risiko kerusakan organ tubuh bakal meningkat kala Anda duduk berjam-jam di tempat kerja Anda. Pankreas bekerja untuk memproduksi insulin dan membawa glukosa ke sel tubuh untuk memberikan energi. Tapi saat duduk, kita akan lebih banyak diam, otot-otot tidak merespons, pankreas tidak memproduksi lebih banyak insulin sehingga menyebabkan kerusakan organ.

Gangguan Sirkulasi Darah
Jika Anda duduk di kursi dalam waktu empat jam tanpa berdiri, hal itu akan mempengaruhi sirkulasi darah dari tubuh Anda. Sirkulasi darah yang akan terkena dampak terparah adalah daerah panggul dan daerah sekitar sekitar alat vital.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif