Lifestyle
Senin, 15 September 2014 - 10:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Inilah Manfaat Alami Tempe Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - tempe (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian besar penduduk Indonesia tentu sudah tak asing dengan makanan ini. Ya, tempe, makanan fermentasi dari kedelai ini  seakan selalu menjadi sebuah menu wajib di berbagai warung makan sederhana hingga restoran mewah sekalipun.

Tahukah Anda, makanan asli Indonesia ini kaya akan manfaat bagi kesehatan?

Advertisement

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari mengonsumsi tempe sebagaimana dikutip Solopos.com, Minggu (14/9/2014), dari berbagai sumber:

– Tinggi Serat
Satu porsi tempe memiliki kandungan serat lebih banyak dari rata-rata konsumsi serat orang sertiap harinya. Sebagaimana yang telah kita ketahui, serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

– Mencegah Kanker
Kandungan isoflavon yang ada pada tempe dapat mencegah penyakit kanker yang mematikan. Kandungan genistein yang tinggi pada tempe yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor lebih banyak ditemukan dalam kedelai yang telah difermentasikan seperti tempe ketimbang kedelai asli tanpa fermentasi.

Advertisement

– Antibiotik Alami
Tempe mengandung antibiotik alami yang dapat mencegah berbagai penyakit. Di Indonesia, tempe dipercaya dapat mengobati penyakit disentri dan mencegah penyakit usus.

– Mengatur Kadar Gula
Protein sangat baik untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes yang cenderung bermasalah dengan sumber protein hewani. Protein serta serat yang ada pada tempe dapat mencegah tingginya kadar gula dalam tubuh dan menjaga kadar gula tetap normal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif