Lifestyle
Jumat, 15 Agustus 2014 - 08:15 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Waspadai Makanan Berpestisida, Inilah Cara Mengatasinya!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

Solopos.com, SOLO – Petani kini lebih memilih untuk menyemprotkan cairan kimia seperti pestisida dan insektisida pada tanaman yang mereka tanam untuk melindungi dari serangan penyakit dan serangga. Makanan yang telah terkontaminasi bahan kimia tersebut tentu sangat berbahaya jika dikonsumsi karena akan menyebabkan keracunan.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuang pestisida yang terdapat dalam makanan sebagaimana dikutip Solopos.com, Jumat (15/8/2014) dari berbagai sumber:

Advertisement

Cuci Makanan dengan Baik
Jika Anda tidak bisa beralih sepenuhnya ke makanan organik, tentunya Anda masih tergantung pada produk lain yang tetap disemprot dengan pestisida atau insektisida. Pastikan Anda mencuci makanan dengan baik sebelum mengonsumsinya. Caranya, isi wastafel dengan air, lalu masukkan sayuran di dalamnya, tambahkan satu sendok makan cuka dan biarkan selama sepuluh menit sebelum dibilas secara menyeluruh.

Kupas Lapisan Luar
Jika Anda membeli buah-buahan dan sayuran yang memiliki kulit atau lapisan luar, Anda dapat dengan mudah menghilangkan lapisan luar yang cenderung memiliki kandungan pestisida terbanyak. Bagian dalam buah atau sayuran relatif tidak terkontaminasi dan karena itulah bagian dalam menjadi paling aman untuk dikonsumsi.

Keringkan Sebelum Dikonsumsi
Mengeringkan makanan setelah dicuci sebelum dikonsumsi dapat menghilangkan residu pestisida dan membuatnya lebih aman untuk makan. Gunakan kertas yang bersih atau kain handuk sebelum memasak atau menyimpan sayuran.

Advertisement

Pindah ke Makanan Organik
Makanan organik merupakan buah-buahan dan sayuran yang tumbuh secara alami tanpa bahan kimia. Dengan beralih ke makanan organik, Anda akan dapat menghindari mengkonsumsi pestisida dan insektisida berbahaya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif