Lifestyle
Jumat, 15 Agustus 2014 - 00:09 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Makanan Ini Bikin Anemia Tak Datang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita anemia (healthypattern.com)Ilustrasi penderita anemia (healthypattern.com)

Solopos.com, SOLO – Anemia adalah suatu kondisi kesehatan yang terjadi kala seseorang kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Anemia menyebabkan oksigen tidak cukup ke beberapa organ dan jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kekurangan energi, rambut rontok dan banyak lagi.

Mengatasi anemia, Anda dapat memanfaatkan beberapa makanan yang dapat berfungsi sebagai penambah darah. Dikutip Solopos.com, Selasa (12/8/2014) di laman Healthmeup berikut beberapa makanan yang layak Anda coba untuk mengatasi anemia:

Advertisement

Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan obat yang baik untuk mengobati anemia. Bayam merupakan sumber zat besi yang baik dengan berbagai vitamin lainnya seperti B12 dan asam folat. Nutrisi ini dapat membantu Anda mengatasi gejala anemia.

Delima
Delima juga dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang menderita kekurangan zat besi. Buah sehat ini bukan hanya sumber zat besi juga mengandung kalsium dan magnesium yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Blackcurrant Kering
Blackcurrant kering merupakan sumber yang baik untuk mengobati kekurangan zat besi. Vitamin C yang terkandung dalam delima juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih baik. Delima merupakan buah yang sangat baik untuk mengobati anemia.

Advertisement

Buah Bit
Buah bit adalah sumber zat besi dan nutrisi lain seperti serat, kalsium, kalium, vitamin dan belerang. Karena kekurangan zat besi merupakan penyebab utama anemia, Anda dapat mengisi zat besi di tubuh Anda dengan dengan mengonsumsi umbi bit.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif