Lifestyle
Kamis, 7 Agustus 2014 - 00:51 WIB

Menangis Ternyata punya Banyak Manfaat!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menangis (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian orang, meluapkan emosi dengan menangis dianggap sebagai sebuah hal yang memalukan. Karenanya, seringkali mereka lebih memilih untuk menahan emosi tersebut dan menyimpannya di dalam hati. Padahal menurut para ahli, menangis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip Healtmeup, Selasa (5/8/2014) berikut beberapa manfaat kesehatan saat Anda menangis:

Advertisement

Bermanfaat Bagi Mata
Saat menangis, air mata akan melumasi bola mata dan kelopak mata Anda. Air mata mencegah selaput lendir di mata Anda mengalami kekeringan. Hal ini tentunya akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat.

Melindungi Mata dari Bakteri
Kesibukkan dan aktivitas yang  Anda lakukan setiap hari membuat mata Anda rentan terhadap terkena bakteri. Saat Anda menangis, air yang keluar dari mata Anda dapat membunuh bakteri ini. Air mata yang mengandung lisozim dipercaya dapat membantu menghilangkan 90- 95% bakteri yang ada di mata Anda.

Menghilangkan Stres
Ketika Anda menangis, air mata akan membuang zat kimia seperti endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin yang dapat mempengaruhi stres dan suasana hati. Jadi, jangan ragu untuk menangis dan melepaskan setiap kepenatan yang Anda rasakan dan rasakan perbedaaan setelah Anda menangis.

Advertisement

Mengobati Masalah Terpendam
Masalah seringkali membentuk sebuah kebencian yang akan terjadi sepanjang hari. Hal ini menjadikan sistem limbik otak dan sudut-sudut tertentu pada jantung mengalami masalah. Menahan perasaan ini akan menyebabkan tekanan pada sistem saraf dan kardiovaskular Anda. Menangis dapat membantu meringankan perasaan ini. Bahkan, menangis bisa dikatakan sebagai terapi yang efektif melepaskan masalah sementara.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif