Soloraya
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 09:30 WIB

PENCURIAN WONOGIRI : Ini Aksi Kepala Dinas ESDM Tangkap Pencuri

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI-Aksi pencurian dengan pemberatan (curat) terjadi di rumah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wonogiri, Arso Utoro, Jalan MT Haryono, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (1/8/2014). Aksi tersebut diketahui sendiri oleh pemilik rumah sehingga satu dari empat pelaku berhasil ditangkapnya bersama warga sekitar.

Namun, dua buah cincin seberat lima gram dibawa kabur oleh tiga pelaku yang berhasil melarikan diri. Selain itu, kaca mobil jenis KIA bernopol AD 7388 HG pecah diamuk pelaku. Informasi yang dihimpun Solopos.com, seorang pelaku memecah kaca mobil korban untuk memudahkan rekan-rekannya melarikan diri.

Advertisement

Aksi memecah kaca itu membuahkan hasil, tiga pelaku berhasil melarikan diri setelah berboncengan sepeda motor tiga orang. Awalnya sebuah sepeda motor dinaiki empat orang namun seorang di antaranya terjatuh sesaat setelah sepeda motor berjalan.

Seorang pelaku yang jatuh itu ditangkap dan beruntung dia tidak diamuk massa. Pelaku itu bernama Salim, 59, warga Krajan RT 001/RW 002, Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Tetangga korban menduga keempat pelaku merupakan saudara korban sehingga tidak curiga saat masuk ke rumah. Apalagi, keduanya membawa dua buah tas besar. Pemilik rumah, Arso Utoro saat mengonfirmasi membenarkan penangkapan tersangka curat rumahnya. “Iya,” ujarnya pendek di sela-sela pemeriksaan penyidik.

Advertisement

Kepada penyidik, Arso bercerita, Jumat pagi dirinya bersama anggota keluarga berencana pergi bersilaturahmi ke tempat saudara. Namun, korban terlebih dahulu mampir ke sebuah warung makan untuk sarapan. Sebelum pergi bersilaturahmi, sekitar pukul 10.30 WIB, korban memutuskan pulang ke rumah terlebih dahulu.

Alangkah terkejut ketika melihat pintu bagian depan rumah terbuka. sedangkan di depan rumahnya terdapat dua sepeda motor yang terparkir. Korban mengurungkan niatnya bepergian dan memutuskan menghadang pelaku pencurian. Insting korban menjadi kenyataan, tak berapa lama empat orang keluar dari dalam rumahnya.

Empat pelaku berusaha kabur. Namun, sebuah sepeda motor pelaku terhalang mobil korban sehingga seorang di antaranya mendatangi mobil korban dan memecah kaca bagian depan dengan sebuah linggis. Kapolsek Wonogiri, AKP Suwono mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani menjelaskan, petugas yang menerima laporan segera mendatangi TKP dan menangkap seorang pelaku bernama Salim.

Advertisement

“Sebuah sepeda motor pelaku diamankan, yakni sepeda motor merek Yamaha ZR bernopol H 4277 AEG. Pelaku masuk ke rumah korban dengan mencongkel pintu bagian depan. Di dalam rumah, pelaku sudah mengobrak-abrik isi almari,” jelasnya.

Lebih lanjut diceritakannya, keempat pelaku sempat menginap di salah satu penginapan di Wonogiri. “Pelaku membawa kabur dua buah cincin dan sebuah jam tangan. Jam tangan terselamatkan karena dibawa tersangka Salim yang ditangkap sedangkan dua buah cincin dibawa kabur. Pelaku masih memburu tiga tersangka lain. Ciri-ciri ketiga pelaku berusia antara 45 tahun hingga 59 tahun.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif