Lifestyle
Jumat, 1 Agustus 2014 - 07:11 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Dia Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi air hangat (whatsonhighlands.com)

Solopos.com, SOLO – Saat musim penghujan mandi air hangat memang menjadi alternatif yang sering dilakukan banyak orang untuk mencegah kedinginan. Tak hanya berfungsi untuk membersihkan badan, air hangat ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini beberapa manfaat dari mandi menggunakan air hangat sebagaimana dilansir situs kesehatan Healthmeup, Rabu (30/7/2014):

Advertisement

Mengurangi Pilek dan Sakit Kepala
Mandi air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bisa berfungsi sebagai pelega napas alami. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti kayu putih atau peppermint untuk membuat efek lebih menenangkan. Minyak yang dicampur dengan air hangat akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu, air hangat juga dapat mempercepat sirkulasi darah dan  membantu meringankan sakit kepala.

Melembabkan Kulit
Mandi air hangat dapat membuka pori-pori kulit tubuh Anda dan membersihkan kotoran ataupun minyak yang menempel pada kulit. Kehangatan alami memberikan efek melembabkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal.

Membuang Racun
Mandi hangat meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh manusia. Hal ini menyebabkan Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh.

Advertisement

Mencegah Insomnia
Jika mengalami kesulitan tidur, Anda dapat mengatasinya dengan mandi atau berendam dalam air hangat. Biarkan tubuh Anda rileks dan melepaskan segala kepenatan yang ada pada diri Anda. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh secara perlahan-lahan dan akan turun setelah Anda meninggalkan kamar mandi. Perubahan suhu tersebut akan memicu Anda untuk tidur.

Silakan mencoba….

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif