Lifestyle
Kamis, 24 Juli 2014 - 13:27 WIB

TIPS DIET SEHAT : Buah dan Sayur Bukan Jurus Menurunkan Berat Badan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

Harianjogja.com, JOGJA-Selama ini masyarakat terlanjur tahu buah dan sayur baik bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda jika buah dan sayur tidak dapat mengecilkan pinggang?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, makan buah dan sayur segar tidak dapat menurunkan berat badan. Terutama jika buah dan sayur itu tidak dapat mengimbangi kebutuhan kalori seseorang. Seperti dikutip dari Dailymail, peneliti mengemukakan konsumsi buah dan sayur harus diikuti dengan perubahan gaya hidup. Misal, aktivitas fisik. Kebiasaan baru ini lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Sebelum mengambil kesimpulan, peneliti dari University of Alabama at Birmingham mempertimbangkan penelitian sebelumnya mengenai hubungan buah dan sayur untuk meningkatkan maupun menurunkan berat badan. Dalam penelitian lawas itu disebutkan jika makan lima kali dalam sehari baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, sampai sekarang belum ada bukti kuat yang dapat menjelaskan hal tersebut.

“Kami belum dapat menyatakan jika kedua makanan itu, buah dan sayur memiliki pengaruh besar untuk menurunkan atau menaikkan berat badan,” terang peneliti.

Dr. Kathryn Kaiser, salah satu peneliti kepada NY Daily News menyatakan buah dan sayur memiliki hasil yang negatif terhadap penurunan berat badan. Kendati demikian, kata dia, rekomendasi United States Departement Agriculture mengenai manfaat buah dan sayur tidak salah.

Advertisement

“Secara keseluruhan, diet yang sehat untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi energi. Sehingga mengurangi konsumsi kalori lebih disarankan,” terangnya.

Sebelumnya, sebuah penelitian pada Mei 2014 menyebutkan konsumsi makan dua porsi buah dan sayuran dalam sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga sepertiga persen.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif