Lifestyle
Rabu, 23 Juli 2014 - 07:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Waspadai 5 Kesalahan Menyikat Gigi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyikat gigi (mountainvistadentalcare.com)

Solopos.com, SOLO – Menjaga dan merawat gigi dengan menyikat gigi pastinya sudah menjadi sebuah rutinitas sebagian besar orang. Menyikat gigi memang menjadi sebuah cara yang mudah dan ampuh untuk mencegah beberapa masalah gigi, seperti gigi berlubang dan masalah gusi. Tapi tahukah Anda menyikat gigi yang salah justru akan berdampak buruk bagi gigi Anda?

Kesalahan dalam menyikat gigi justru akan menimbulkan beberapa masalah gigi, seperti timbulnya plak dan gigi berlubang. Demi mencegah masalah tersebut, Healthmeup, Selasa (22/7/2014), melansir paparan beberapa kesalahan yang umum dan paling sering dilakukan orang saat menyikat gigi:

Advertisement

Salah Memilih Sikat Gigi
British Dental Health Foundation menyarankan untuk menggunakan sikat gigi berukuran kecil atau sedang. Pastikan bulu sikat gigi cukup kokoh untuk membersihkan gigi Anda, tetapi bukan berarti boleh terlalu keras yang justru akan merusak gigi Anda. Selain bulu sikat gigi, Anda juga harus mempertimbangkan gagang sikat gigi. Pilihlah sikat gigi dengan gagang yang nyaman untuk menghindari slip saat menyikat.

Salah Cara Menyikat Gigi
Dokter gigi menganjurkan untuk menyikat dua kali sehari. Tapi, jika Anda benar-benar ingin menjaga Anda kesehatan gigi lebih maksimal, cucilah mulut Anda setiap kali Anda makan atau minum makanan manis. Perlu diingat bahwa Anda tidak dianjurkan untuk menyikat lebih dari tiga kali sehari karena akan membuat iritasi di gusi. Lama menyikat gigi pun cukup dua sampai tiga menit saja.

Tidak menyikat Bagian Dalam Gigi
Banyak orang hanya terfokus pada bagian permukaan gigi tanpa menyikat bagian dalamnya. Bagian dalam gigi yang sering tak tersentuh oleh sikat akan membentuk plak yang akan merusak gigi Anda.

Advertisement

Tidak Menjaga Kebersihan Sikat Gigi
Pastikan Anda untuk selalu menjaga sikat gigi. Gunakanlah sikat gigi dengan penutup, biarkan penutup tersebut kering sebelum menempatkan sikat Anda di dalamnya. Bilaslah tutup tersebut sebelum dan sesudah Anda menggunakannya.

Tidak Teratur Mengganti Sikat Gigi
American Dental Association merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga hingga empat bulan atau jika bulu sikat gigi telah usang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif