Lifestyle
Jumat, 4 Juli 2014 - 09:31 WIB

Jangan Sepelekan, Bangun Pagi Ternyata Punya Banyak Manfaat!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bangun pagi (womenworld.org)

Solopos.com, SOLO – Kehidupan modern yang sering disibukkan dengan berbagai kegiatan seringkali membuat banyak orang harus bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih menumpuk. Akibatnya, banyak menjadi sulit untuk bangun lebih dini. Padahal bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Agar tak malas bangun pagi, ada baiknya Anda mengetahui manfaat yang dapat Anda peroleh saat bangun lebih dini. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip Magforwomen, Rabu (2/7/2014):

Advertisement

Meningkatkan Produktifitas
Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa, bangun lebih awal dapat menjamin kinerja lebih baik. Bangun pagi memungkinkan Anda untuk mendapatkan nilai lebih baik dalam ujian karena dapat memudahkan mengingat pelajaran lebih baik. Jika Anda telah bekerja, bangun lebih awal akan lebih memudahkan Anda dalam berkonsentrasi dan mendapatkan pikiran yang lebih tenang.

Mencegah Obesitas
Dengan bangun lebih pagi, Anda memiliki waktu yang cukup untuk sarapan yang sehat. Sarapan mencegah Anda dari makan berlebihan atau mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan lemak dan makanan manis di siang hari. Jika melewatkan sarapan, Anda akan cenderung makan berlebihan pada siang hari yang akhirnya mengarah pada obesitas.

Memperbaiki Pola Tidur
Bangun lebih awal akan mengatur pola tidur Anda. Bangun lebih awal akan memaksa Anda untuk tidur lebih awal di malam hari. Dengan demikian Anda akan memperbaiki pola tidur dan Anda perlahan-lahan akan membiasakan diri tidur lebih teratur.

Advertisement

Menyehatkan Mental
Jika Anda bangun pagi, otak Anda akan terasa lebih jernih dan segar. Bangun pagi juga membuat Anda memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap bekerja dan menghindari terburu-buru. Kebiasaan ini juga akan mengurangi stres dan membuat Anda lebih tenang, optimis, dan positif.

Memiliki Waktu Introspeksi
Bangun pagi membuat Anda memiliki waktu lebih untuk sendiri di saat hari masih tenang dan damai. Suasana ini dapat membersihkan pikiran dan membuat Anda lebih hati-hati terhadap keadaan sekitar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif