Lifestyle
Jumat, 4 Juli 2014 - 02:31 WIB

Ini Alasan Tak Boleh Simpan Tomat di Kulkas

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Kulkas memang menjadi sebuah tempat favorit menyimpan berbagai makanan agar tak lekas basi atau membusuk. Suhu udara yang dingin membuat beberapa makanan dapat bertahan lebih lama dibandingkan saat disimpan di lingkungan luar. Namun, tahukah Anda ada beberapa makanan jenis makanan yang tak cocok dengan suhu di kulkas? Salah satunya adalah tomat, mengapa?

Dikutip Daily Mail, Rabu (2/7/2014), peneliti mengungkapkan bahwa tomat memiliki reaksi unik enzim yang terdapat dalam buah. Reaksi inilah yang menyebabkan buah ini akan cepat rusak dan membusuk jika disimpan dalam kulkas.

Advertisement

Penelitian yang dilakukan oleh Harold McGee dan tertulis dalam sebuah buku On Food and Cooking ini juga menyebutkan bahwa tomat merupakan buah yang berasal dari padang pasir yang bersuhu hangat dari pantai barat Amerika Selatan, sehingga tak boleh disimpan pada suhu Artik.

Penelitian tersebut juga dibenarkan oleh laporan lain dari Business Insider yang ditulis oleh Catherine Ranard, seorang peneliti senior dari Institite Nasional Prancis yang mengatakan tomat sangat tak dianjurkan disimpan di suhu lemari es. Suhu rata-rata kulkas di rumah adalah sekitar 4,4 derajat celsius sedangkan tomat tak boleh disimpan pada suhu di bawah 10 derajat celsius.

Saat disimpan di lemari es, tomat tidak dapat mengubah kadar gula atau keasaman, sehingga membuat daging tomat menjadi terlihat tidak segar dan kurang menarik. Dalam penyimpanannya, tomat sebaiknya disimpan dalam suhu dapur yang setidaknya dapat bertahan hingga seminggu lamanya.

Advertisement

Tak hanya tomat, beberapa makanan lainnya seperti kentang dan bawang juga tak dianjurkan disimpan dalam lemari es. Suhu dingin di lemari es dapat membuat pati yang terdapat dalam kentang berubah menjadi manis dan berasa tak enak saat dimasak. Sedangkan bawang dapat berubah menjadi lebih lunak dan memberikan bau yang tak sedap pada makanan yang ada disekitarnya.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif