Lifestyle
Senin, 23 Juni 2014 - 22:50 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Atasi Insomia dengan Cara Ini

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi insomia (emeraldcityclinic.com)

Solopos.com, SOLO – Seorang dewasa dianjurkan tidur minimal 7 jam setiap harinya. Tapi, berbagai faktor dapat menghambat seseorang untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Salah satunya adalah masalah sulit tidur atau insomnia. Kini, insomnia memang menjadi masalah cukup serius bagi banyak orang, sehingga dapat berpengaruh buruk pada pekerjaan mereka di pagi hari.

Jika Anda termasuk di antaranya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagaimana dikutip Magforwomen, Senin (23/6/2014):

Advertisement

Usahakan Tidur di Waktu Sama
Sulit tidur bisa jadi disebabkan karena Anda tidak memiliki jadwal yang konsisten pada waktu istirahat Anda. Jagalah selalu konsistensi waktu tidur Anda, jika Anda telah menetapkan pukul 23.00 adalah waktu yang paling tepat, maka lakukanlah juga pada keesokan harinya secara konsisten. Cara ini akan menjadi langkah mudah menangkal insomnia.

Tidur di Tempat Nyaman
Lingkungan dapat mempengaruhi kualitas istirahat Anda. Usahakan Anda tidur di sebuah ruangan yang gelap , sejuk, tenang, serta berventilasi baik. Hindarilah ruangan bising yang hanya akan mengganggu istirahat Anda. Gunakan selalu bantal dan selimut yang bersih dan nyaman digunakan.

Matikan Gadget
Di tengah kehidupan yang serba modern, gadget memang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kebiasaan mengoperasikan gadget menjelang tidur menjadi kebiasaan buruk bagi banyak orang. Sinar di gadget mampu membangkitkan syaraf optik yang justru membuat Anda sulit tidur. Jadi, menonaktifkan gadget sebelum tidur adalah langkah terbaik yang dapat Anda lakukan.

Advertisement

Jangan Makan Berat Sebelum Tidur
Makanlah makanan ringan setidaknya satu jam sebelum Anda tidur. Terlalu banyak makan makanan berat di malam hari akan membuat sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih lama untuk mencernanya sehingga menyebabkan Anda sulit tidur. Jadi, usahakan Anda hanya makan makanan yang ringan sebelum istirahat malam.

Hindari Aktivitas Berat Sebelum Tidur
Hindarilah melakukan aktivitas berat sebelum Anda tidur. Usahakan pikiran Anda tenang dan jauh dari pikiran berat yang hanya akan menyulitkan tidur Anda. Anda dapat menenangkan pikiran dengan mandi air hangat atau membaca buku yang dapat memudahkan Anda tidur.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif