Lifestyle
Rabu, 18 Juni 2014 - 23:31 WIB

TIPS KESEHATAN : Sulit Atasi Cegukan? Coba Cara Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cegukan (thepencentral.com)

Solopos.com, SOLO – Cegukan yang datang tiba-tiba dapat membuat kita menjadi tak nyaman, apalagi saat berada dalam forum formal. Meskipun cegukan tidak mengakibatkan bahaya yang serius namun cegukan bisa menjadi sebuah hal yang memalukan.

Sebagian besar Anda pasti pernah mengalaminya bukan? Tapi apakah Anda tahu cara untuk mengatasinya? Berikut beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk menyingkirkan cegukan dalam waktu singkat seperti yang dilansir Healthmeup, Sabtu (14/6/2014):

Advertisement

Menjulurkan Lidah
Saat Anda cegukan, cobalah untuk menjulurkan lidah semampu Anda sebagai salah satu cara menghentikannya. Menjulurkan lidah dapat merangsang bagian tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung membuka pita suara sehingga menghentikan cegukan.

Menekan Telapak Tangan
Menurut situs kesehatan Reader Digest, Kanada menunjukkan menekan telapak tangan dapat mengatasi cegukan karena mengalihkan perhatian sistem saraf.

Menutup Telinga
Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi cegukan adalah menutup telinga Anda dengan jari tangan.

Advertisement

Terkejut
Suruhlah teman Anda untuk menakut-nakuti atau mengejutkan Anda dengan tiba-tiba. Cara ini dapat memenuhi saraf vagus yang dapat mengatasi cegukan.

Menarik Nafas
Tariklah nafas dalam-dalam dan mengambil udara melalui mulut tanpa menghembuskannya. Tahan beberapa saat dengan hidung yang tertutup. Lalu hembuskan jika Anda sudah tak mampu menahannya, lakukan ini beberapa kali hingga cegukan Anda benar-benar hilang

Menelan Air Sambil Menahan Nafas
Sambil menahan hidung Anda, cobalah untuk menelan air. Cara ini dapat membantu Anda meringankan cegukan. Tak hanya minum air, makan sesendok gula juga dipercaya dapat meringankan cegukan.

Advertisement

Silakan mencoba…

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif