Lifestyle
Selasa, 17 Juni 2014 - 23:43 WIB

HASIL PENELITIAN : Main Game Bermanfaat bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bermain game Xbox (myephemerality.com)

Solopos.com, SOLO – Banyak orang yang menyoroti efek buruk kesehatan yang ditimbulkan dari bermain video game/komputer. Hal ini karena sebagian besar orang berangapan bermain game dapat mengurangi kegiatan dan menyita banyak waktu. Tapi tahukah Anda jika beberapa penelitian justru menujukkan beberapa manfaat kesehatan?

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bermain game sebagaimana dikutip Healthmeup, Minggu (15/6/2014):

Advertisement

Meningkatkan Keterampilan Motorik
Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-anak berusia empat tahun yang seringkali bermain game ternyata lebih interaktif daripada yang tidak bermain game. Interaktif yang dimaksudkan adalah kontrol objek keterampilan motorik.

Meningkatkan Fungsi Pandangan
Banyak orang menganggap terlalu banyak bermain game di depan layar akan mengganggu kesehatan mata. Tapi penelitian terbaru justru berkata sebaliknya, bermain game ternyata dapat meningkatkan fungsi pandangan. Pada penderita katarak misalnya, bermain game tembakan seperti Call of Duty dapat meningkatkan ketajaman penglihatan mereka.

Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan
Permainan yang memerlukan kecepatan dalam bermain serta pengambilan keputusan yang masuk akal akan sangat bermanfaat bagi pemainnya. Mereka setidaknya telah berlatih mengenai pengambilan keputusan yang juga dapat diaplikasikan pada dunia nyata mereka.

Advertisement

Menghilangkan Stres
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seseorang dapat bermain game untuk melampiaskan frustasi mereka yang dapat membantu meningkatkan pemikiran seseorang. Hal ini tentu saja akan mengurangi stres yang diderita oleh para pemain.

Membuat Anda Lebih Bahagia
Studi lain menunjukkan bahwa bermain game dapat meningkatkan kesejahteraan mental di kalangan yang orang tua. Orang tua yang seringkali bermain game terkadang bisa hidup lebih bahagia daripada orang tua yang tidak pernah bermain game.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif