Teknologi
Rabu, 4 Juni 2014 - 02:30 WIB

MOST POPULER YOUTUBE : Dinilai Lecehkan Alquran, Stand Up Comedy Ustaz Ambia Hebohkan Youtube

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampilan Ustaz Ambia di Stand Up Comedy Metro TV 25 September 2013 (youtube)

Solopos.com, SOLO – Ustaz Ambia Dahlan barangkali tak akan menyangka, aksi stand up comedynya bakal jadi kontroversi. Usai menyuguhkan guyonan seputar salat, Ustaz yang tampil di salah satu stasiun televisi ini menuai banyak kecaman. Bahkan video rekamannya cukup menggegerkan Youtube.

Video berjudul Peserta Stand Up Comedy Lecehkan Al-Qur’an, Pendengarnya Terbahak-bahak masuk jajaran terpopuler di situs berbagi video Youtube. Diunggah Kamis (29/5/2014) video ini ditonton oleh 55.000 lebih viewers dan memicu perdebatan di dunia maya.

Advertisement

Aksi stand up comedy Ustaz Ambia ini sejatinya sudah ditayangkan di Metro TV, 25 September 2013. Nyaris tak ada perdebatan kala itu. Sampai akhirnya situs internet VOA-Islam.com mengunggah artikel berjudul Innalillah, Gerakan Shalat & Al Qu’ran Dilecehkan Stand Up Comedy ‘Ambia’. Berita ini direspons beragam hingga rekaman videonya diunggah oleh akun Youtube bernama Kabar Dunia Islam pekan lalu.

Dalam video itu Ustaz Ambia menyampaikan betapa sulitnya khusyuk saat melakukan salat. Dibalut dengan suasana guyon sang Ustaz menyebut Surat Al-Ikhlas ampuh digunakan untuk mengusir gangguan saat salat.

Lelucon Ustaz Ambia ternyata membuat banyak pihak berang. Pengguna Youtube ramai-ramai mengomentari rekaman stand up comedy sang ustaz.

Advertisement

“Ini bisa menjadi pelajaran bahwasannya janganlah mempergunakan agama untuk komedi ataupun lawakan. Sungguh miris melihat saudara kita ini, memakai agama untuk bahan lelucon,” ujar Ari Prasetyo, Sabtu (31/5/2014).

Sejumlah komentator menyebut lelucon Ustaz Ambia tidak pada tempatnya. Seorang komentator menyebut bagaimanapun juga akses informasi pendengar perlu dipertimbangkan sebelum isi lelucon.

Pengunggahnya Kabar Dunia Islam menyertakan Surat At-Taubah ayat 65-66 untuk mengecam lelucon ustaz tersebut. “Allah menyertakan antara kekafiran terhadap ayat-ayat-Nya dengan perolok-olokan terhadapnya,” sebutnya.

Advertisement

Meski begitu sejumlah akun berpendapat lain. Alex Wijaya mengatakan, “Ah ngk harus di permasalahin adapun dari komedi di atas jadi pelajaran betapa berat nya untuk mencapai khusyuk…”

“Lha dia crita pengalaman dia, barangkali aja bener,” tulis pengguna lain, Puji Sarwono.

[Video] http://www.youtube.com/watch?v=jKHLy2pkN74

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif