Lifestyle
Kamis, 29 Mei 2014 - 02:16 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Red Wine Bagus untuk Cegah Kerusakan Gigi?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Red wine yang katanya bagus untuk kesehatan gigi (Dailmail.co.uk)

Solopos.com, SOLO — Selain untuk minuman pendamping hidangan makan malam, anggur merah diklaim bagus untuk mencegah kerusakan gigi. Klaim itu didasarkan pada sebuah studi yang hasinya dimuat Journal Agricultural and Food Chemistry. Penelitian itu menemukan fakta bahwa ekstrak biji anggur dapat mencegah kerusakan gigi khususnya gigi berlubang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (26/5/2014), seorang ilmuwan Spanish National Research Council, Victoria Moreno Arribas, mengungkapkan penyakit gigi dan efek sampinya merupakan suatu yang biasa terjadi. Dia lalu menyatakan gigi berlubang, penyakit gusi, dan gigi copot dialami sekitar 60% sampai 90% populasi penduduk dunia.

Advertisement

“Masalah penyakit gigi berawal ketika bakteri tertentu dalam mulut berkumpul dan membentuk biofilm, sejenis bakteri yang sulit untuk dibasmi. Kemudian mereka membentuk plak dan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi,” kata Victoria.

Menyikat gigi dengan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi diakuinya mungkin dapat membantu menyingkirkan plak bakteri. “Tetapi hal tersebut terbatas,” tambahnya.

Ekstrak biji anggur, menurut dia dapat memperlambat pertumbuhan bakteri. Hal tersebut yang memotivasi peneliti untuk mempelajari lebih lanjut.

Advertisement

Red wine yang mengandung ekstrak biji anggur atau Proanthocyanidins mampu membuat enamel mengeras yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri sehingga gigi tidak mudah rusak. Selain itu, minuman ini juga mampu mengurangi peradangan gusi dan mencegah penyakit gusi.

“Anggur merah dengan atau tanpa alkohol dan anggur dengan ekstrak biji anggur adalah yang paling efektif untuk menyingkirkan bakteri,” pungkas Victoria.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif