Lifestyle
Kamis, 22 Mei 2014 - 04:15 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini 5 Hal Harus Anda Hindari Seusai Makan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Ada beberapa hal yang seharusnya Anda hindari setelah makan. Tak hanya akan menimbulkan banyak kerugian, melakukan kegiatan yang tak disarankan usai makan ternyata juga berpengaruh buruk pada kesehatan Anda.

Berikut beberapa kegiatan yang seharusnya Anda hindari usai makan, sebagaimana dilansir Magforwomen.com, Kamis (21/4/2014):

Advertisement

Berenang
Sebagian orang menganggap olahraga ringan seperti berenang dapat membuang kalori makanan yang sebelumnya telah Anda konsumsi. Kenyataannya, berenang hanya akan mengakibatkan kram perut. Hal ini semakin parah jika Anda tidak mengambil jangka waktu setelah makan. Jadi, setelah makan ambilah jeda waktu beberapa saat sebelum Anda berenang.

Tidur
Banyak orang seringkali makan terlalu larut yang dekat dengan jarak tidur malam. Makanan tak bisa dicerna dengan baik saat Anda tidur yang dapat berakibat gangguan mulut dan tenggorokan yang terasa terbakar. Hal ini dikarenakan cairan pencernaan akan mengalir ke saluran makanan, bukan ke perut Anda.

Makan Buah
Makan buah-buahan adalah hal yang baik, tapi tidak dianjurkan dikonsumsi setelah makan. Makan buah setelah makan dapat menyebabkan perut kembung, karena buah tidak akan bisa dicerna dengan mudah dalam perut. Jadi setelah Anda makan, tunggulah beberapa saat sebelum makan buah favorit Anda.

Advertisement

Merokok
Merokok sangat buruk bagi kesehatan dan dapat meningkatkan risiko kanker, jika memang Anda telah menderita masalah pada usus, iritasi lambung, serta usus besar, maka sangat tidak disarankan merokok usai makan. Merokok hanya akan memperburuk masalah kesehatan Anda.

Mandi
Pencernaaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah ke perut. Tapi ketika Anda mandi, aliran darah akan dialirkan ke kaki dan lengan. Mandi setelah Anda makan hanya akan meningkatkan gangguan pencernaan dan rasa tak nyaman.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif