Lifestyle
Sabtu, 10 Mei 2014 - 12:37 WIB

Ingin Terhindar dari Kanker Konsumsilah Buah dan Sayuran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Magforwomen.com)

Solopos.com, NEW YORK– Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat mengurangi risiko stroke hampir sepertiganya, hal tersebut berdasarkan bukti baru- baru ini.

Penelitian ini merupakan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) yang juga telah menyerukan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak.

Advertisement

“Konsumsi buah-buahan dan sayuran harus didorong terus untuk mencegah stroke,” kata dokter dari Rumah Sakit Qingdao yang sekaligus pengajar bidang kesehatan di Universitas Qingdao, Dr. Yan Qu lewat email yang dikutip dari Reuters, Kamis (8/5/2014).

Qu menambahkan bahwa stroke terjadi ketika aliran darah ke bagian otak tersumbat oleh gumpalan atau dikarenakan pembuluh darah pecah. Tanpa perawatan intensif, stroke dapat menyebabkan kerusakan otak yang parah atau dapat mengakibatkan kematian.

Sementara itu, menurut CDC, stroke menjadi penyebab utama keempat kematian di Amerika Serikat.

Advertisement

Efek dari mengkonsumsi sayur- sayuran dan buah- buahan dapat dinikmati secara langsung karena dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dalam mengurangi tekanan darah, kolesterol, berat badan dan faktor risiko stroke lainnya.

Untuk menguji hubungan antara risiko stroke dan tanaman dalam diet, para peneliti mencari informasi selama beberapa dekade terakhir dan meneliti kebiasaan makan serta kesehatan pria dan wanita di seluruh dunia.

Dua puluh studi meneliti total 16.981 stroke di antara 760.629 peserta yang termasuk dalam analisis .

Advertisement

Para peneliti menemukan, secara keseluruhan, orang yang makan banyak buah-buahan dan sayuran 21 persen lebih rendah untuk terkena stroke, dibandingkan dengan orang yang makan dalam jumlah sedikit.

Manfaat yang diambil berdasarkan jumlah buah atau sayur yang dikonsumsi. Risiko stroke turun 32 persen untuk setiap 200 gram (g) per hari dari orang yang sering makan buah- buahan, dan 11 persen dengan setiap 200 g dari orang yang sering mengkonsumsi sayur- sayuran.

Para peneliti menemukan bahwa buah jeruk, apel, dan pir serta sayuran yang berdaun adalah jenis tanaman yang dapat menurunkan risiko stroke.

Selain itu, buah dan sayuran juga dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif