Teknologi
Senin, 21 April 2014 - 05:13 WIB

PENEMUAN BARU : Bocah 9 Tahun Temukan Gigi Mastodon

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fosil gigi mastodon temuan Philip, anak laki-laki asal Michigan, Amerika Serikat (Cnn.com)

Solopos.com, SOLO – Philip Stoll, 9, mungkin tak pernah menyangka bahwa dirinya menjadi salah seorang penemu fosil hewan purba yang sangat langka. Gigi makhluk mamalia purba, mastodon, berusia sekitar  10.000 tahun berhasil ia temukan secara tak sengaja saat dirinya tengah berjalan-jalan.

Philip, anak laki-laki asal Michigan, Amerika Serikat yang saat itu tengah berjalan-jalan secara tak sengaja menginjak sebuah benda aneh. Bentuk benda yang tak biasa membuat rasa ingin muncul.

Advertisement

Ia lalu membawa benda aneh tersebut ke rumah dan mencucinya di wastafel dapur. Objek aneh yang ia temukan memiliki panjang 8 inci dan memiliki 6 gundukan.

“Saya memegangnya di tangan, setelah beberapa menit saya baru menyadari bahwa ini tampak seperti gigi. Benda itu juga tampak seperti ada jaringan gusi,” kata Philip sebagaimana dikutip CNN, Sabtu (19/4/2014).

Setelah mencari tahu tentang hasil penemuannya di Internet, Philip berserta ibunya memutuskan untuk memberikan hasil temuannya pada James Harding, seorang herpetologis, pakar reptil dan amfibi. Setelah melihat dan meneliti apa yang Philip temukan, James mengatakan bahwa benda aneh itu merupakan gigi makhluk mamalia purba raksasa yang telah punah ribuan tahun yang lalu.

Advertisement

“Ini memang gigi mastodon. Itu permukaan gigi atas yang patah pada akar,” kata James melalui email.

Mastodon merupakan mahluk mamalia purba yang menyerupai gajah namun berukuran sangat besar.  Makhluk raksasa ini tinggal di sekitar Amerika Tengah dan diperkirakan telah punah pada 10.000 hingga 11.000 tahun yang lalu. Mastodon hidup sebagai penghuni hutan di kawasan Amerika Tengah dan Utara.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif