Lifestyle
Sabtu, 19 April 2014 - 12:27 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Illustrasi berjalan tanpa alas kaki (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Studi ilmiah membuktikan bahwa berjalan tanpa alas kaki ternyata memiliki banyak manfaat. Tapi bukan berarti Anda dapat dengan bebas berjalan kaki di tempat-tempat yang tidak semestinya. Yang dimaksud berjalan kaki sehat tanpa alas kaki adalah berjalan dengan kaki telanjang yang menyentuh tanah dan rumput secara langsung.

Manfaat ini didasarkan pada kontak langsung antara kaki dengan elektron dalam bumi dan muatan alam yang juga bermanfaat untuk menambah energi kita. Magforwomen, Minggu (13/4/2014), melansir beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika berjalan tanpa alas kaki:

Advertisement

Memberikan Perubahan Pada Aktivitas di Otak

Perubahan di dalam otak dapat diukur dengan cara electroencephalograms yang dapat memberikan kita perasaan yang lebih menenangkan. Hal ini dapat Anda dapatkan ketika kaki Anda berjalan menyentuh rumput yang lembab dan tanah lansgung dari bumi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Advertisement

Manfaat lain yang dapat diambil dari berjalan tanpa alas kaki adalah meningkatkan kesehatan kulit, menstabilkan kerja jantung, mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Penggumpalan Sel Darah Merah

Berjalan tanpa alas kaki dapat menghindari penggumpalan dan menurunkan kekentalan darah. Viskositas tinggi inilah yang akan membantu mengatasi masalah pada jantung Anda. Bagi para penderita penyakit jantung berjalan tanpa alas kaki dapat bermanfaat menjaga aliran darah agar lebih lancar.

Advertisement

Membantu Sistem Endokrin dan Sistem Saraf

Berjalan tanpa alas kaki di tanah dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda dan ini adalah alasan melakukan ini sangat bermanfaat untuk sistem endokrin dan sistem saraf. Berjalan secara teratur juga dapat mencegah diabetes, meningkatkan fungsi jantung, membantu menurunkan berat badan dan membuat kesehatan Anda semakin meningkat.

Pastikan Anda membersihkan kaki Anda sebelum memasuki rumah, karena kaki Anda sudah pasti tidak bersih setelah berjalan tanpa alas kaku. Penting juga untuk diingat, jangan melakukan ini jika Anda memiliki luka terbuka di kaki. Hal itu sangat berbahaya karena bisa menjadi pintu masuk bagi kuman memasuki tubuh Anda.

Pastikan Anda membersihkan kaki Anda sebelum Anda memasuki rumah Anda sehat itu, sudah pasti tidak higienis untuk membawa kembali semua kotoran di dalamnya. Juga jangan melakukan hal ini jika Anda memiliki luka terbuka atau luka di kaki Anda. Itu mungkin hanya membuktikan menjadi berbahaya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif