Lifestyle
Jumat, 18 April 2014 - 07:29 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : 5 Manfaat Kecambah yang Perlu Anda Ketahui

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecambah (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Kecambah merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak nilai gizi yang sangat diperlukan untuk membangun tubuh yang sehat. Selain bergizi, kecambah merupakan sayuran yang murah dan mudah didapatkan.

Laman gaya hidup sehat, Healthmeup, Rabu (16/4/32014), melansir lima manfaat di balik kecambah yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut beberapa ulasan manfaatnya:

Advertisement

Meningkatkan Kandungan Vitamin
Tunas kecambah memiliki kandungan vitamin selayaknya biji-bijian dan kacang-kacangan. Kecambah juga dapat meningkatkan nilai gizi hingga 20 kali dari kandungan semestinya. Vitamin A, B kompleks, C, dan E dapat meningkat hingga 20 kali hanya dengan mengonsumsi kecambah.

Sumber Enzim
Kecambah mengandung 100 kali lebih banyak enzim daripada buah-buahan dan sayuran mentah. Enzim ini adalah jenis enzim khusus yang dapat membantu melancarkan fungsi tubuh Anda.

Sumber Protein
Kecambah merupakan sayuran yang kaya protein, sangat baik dikonsumsi oleh seorang vegetarian yang menghindari makanan kaya protein lainnya seperti daging. Kecambah mengandung 35% dari total protein yang diperlukan oleh tubuh. Sayuran ini menawarkan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh Anda tanpa kandungan lemak dan kolesterol.

Advertisement

Mudah Dicerna
Kecambah memiliki kandungan enzim yang tinggi sehingga mudah dicerna. Oleh karenanya sayuran ini dapat membantu mereka yang bermasalah dengan kembung dan masalah pencernaan.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Kecambah tinggi akan nutrisi dan rendah kalori, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi yang Anda perlukan. Di samping itu, kecambah juga tinggi serat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Tentu saja manfaat ini dapat membantu Anda mengontrol pola makan.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif