Lifestyle
Selasa, 11 Maret 2014 - 23:30 WIB

INFO MEDIS : Inilah Bahaya Pakai Ponsel Menjelang Tidur

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, semakin banyak orang yang tak mampu melepaskan diri dari gadget mereka. Bahkan kehadiran gadget kini menjadi teman baik untuk mengantarkan tidur malam. Namun tahukah Anda hal itu dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan?

Dilasnir Daily Mail, Senin (10/3/2014), para ahli yang prihatin dengan kebiasaan baru manusia itu lalu mengingatkan info medis tentang bahaya memakai telepon seluler (ponsel) menjelang tidur. Dalam tips hidup sehat mereka, perilaku itu dinilai membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak.

Advertisement

Anda bakal cenderung terganggu karena terlalu asyik bermain gadget dan melupakan jam waktu istirahat. Olah karena itulah kita menjadi tidak mendapatkan cukup istirahat dan memicu insomnia dan masalah tidur lainnya.

Bahaya lain yang mengancam adalah menempatkan ponsel di samping tempat tidur akan menyebabkan pusing dan sakit kepala. Masalah ini ditimbulkan karena efek yang dihasilkan oleh layar ponsel beresolusi tinggi. Tubuh akan memberikan sinyal dan mengira telah siang hari sehingga membuat kita terjaga lebih lama.

“Itu mengganggu pola alami tubuh, cahaya di layar akan menipu tubuh kita sehingga mengira hari telah beranjak siang,” kata Dr Charles Czeiler, seorang profesor ahli masalah tidur dari Havard University, Amerika Serikat.

Advertisement

Ahli lain, Dr Medows juga menganalisis bahaya layar ponsel terang ponsel jika terus menerus digunakan menjelang tidur malam. Cahaya layar ponsel akan menghilangkan rasa kantuk dan membuat kita menjadi lebih lama terjaga sehingga mengganggu istirahat tubuh lebih optimal.

“Layar mengontrol pelepasan hormon melatonin yang membuat Anda merasa mengantuk dan menggantinya menjadi hormon kartisol yang menyebabkan Anda terjaga. Cahaya layar ponsel memiliki efek lebih besar dari lampu buatan lainnya dalam menghambat pelepasan melatonin dan menjaga kita terjaga lebih lama,” ujar Medows.

Para ahli juga menyarankan Anda tidak menggunakan ponsel atau tablet 3 jam sebelum tidur. Berbeda dari televisi yang juga memancarkan cahaya biru, layar ponsel lebih cenderung dekat dengan mata sehingga efek yang ditimbulkan pun lebih besar. Jadi, sebelum tidur usahakan mematikan posel Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih optimal.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif