Soloraya
Selasa, 21 Januari 2014 - 04:11 WIB

JOKOWI CAPRES : Deklarasi Pro Jokowi Capres Diikuti Buruh Hingga Akademisi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana deklarasi sukarelawan mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Jateng sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) mendatang di Hotel Tamansari, Senin (20/1/2014). (Bony EW/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR – Ratusan warga Jawa Tengah (Jateng) menggelar deklarasi sukarelawan mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) mendatang. Para sukarelawan mendukung Jokowi lantaran dinilai figur pemimpin yang bersih, jujur dan merakyat.

Deklarasi tersebut digelar di RM Tamansari, Karanganyar, Senin (20/1/2014). Dekrasi itu dihadiri ratusan warga dari berbagai elemen mulai dari buruh hingga akademisi. Gerakan tersebut muncul secara spontan untuk mendukung Jokowi sebagai capres.

Advertisement

Deklarasi itu kali pertama digelar di wilayah Jateng. Selanjutnya, setiap kota/kabupaten se-Jateng akan menggelar deklarasi serupa di wilayahnya masing-masing.

Pemrakarsa deklarasi sukarelawan Jokowi, Gunawan Wirosaroyo, mengatakan deklarasi tersebut digelar untuk membentuk sukarelawan di 35 kota/kabupaten se-Jateng. Para sukarelawan tersebut bakal mendukung pencalonan Jokowi sebagai capres melalui mesin politik PDIP.

“Jadi deklarasi mendukung Jokowi ini sifatnya spontanitas. Makanya tak ada struktur pengurus hingga tingkat pusat, yang jelas di setiap daerah pasti ada. Sukarelawan berasal dari berbagai profesi seperti buruh, pedagang hingga akademisi,” katanya saat ditemui wartawan, Senin siang.

Advertisement

Selain itu, inti deklarasi tersebut meminta agar PDIP mengusung Jokowi sebagai capres. Pengurus struktural partai berlambang banteng moncong putih diminta tak ragu mendukung Jokowi pada Pilpres mendatang. Karena itu, pihaknya segera mengirim surat ke Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri yang berisi permintaan agar mengusung Jokowi pada pesta demokrasi terbesar di Indonesia.

Kendati demikian, pihaknya tak mau dibenturkan dengan partai politik (parpol) karena gerakan tersebut murni dari hati nurani dan spontanitas. “Kami segera mengirim surat ke Bu Mega [Megawati Sukarnoputri] dalam waktu dekat. Kami tak mau dibenturkan dengan kepentingan parpol karena deklarasi ini muncul secara spontanitas,” papar Gunawan.

Ketua Gerakan Marhaen Jateng tersebut mengaku cukup dekat dengan sosok Jokowi. Dia kerap bertemu Jokowi kala menghadiri acara baik di Jakarta maupun Solo. Pihaknya optimistis Jokowi mampu memimpin dan membangun Indonesia menjadi lebih baik. “Saya kenal betul dengan Jokowi, dia sosok pemimpin yang jujur, bersih dan pintar.”

Advertisement

Sementara seorang sukarelawan pendukung Jokowi, Sutarno, menuturkan sosok Jokowi pantas memimpin Indonesia lima tahun mendatang. Selain jujur dan bersih, Jokowi mempunyai track record dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Menurut dia, saat ini, Jokowi paling pantas memimpin Indonesia dibanding capres lainnya.

Advertisement
Kata Kunci : JOKOWI CAPRES Pro Jokowi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif