JIBIPhoto
Ilustrasi mengemudi menerjang banjir (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Ini Dia Tips Aman Mengemudi Menerjang Banjir

Solopos.com, JAKARTA — Banjir melanda pelbagai wilayah Indonesia. Jika daerah Anda termasuk wilayah banjir dan terpaksa menerjang banjir, Anda pun perlu punya perhitungan tepat agar mobil dapat melintasinya dengan selamat.

Wartawan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta yang wilayahnya tengah didera banjir pun berbagi tips untuk keselamatan mengemudi di tengah genangan air. Berikut ini rangkaian hal yang harus diperhatikan pengemudi di kala banjir melanda, sebagaimana dimuat Bisnis.com, Minggu (18/1/2014).

Pertama-tama, yang perlu terlebih dahulu Anda perhatikan adalah ketinggian genangan air. Apakah sampai menutupi ban atau tidak?

Hal ini dilakukan karena kebanyakan mobil menempatkan distributor, koil, busi lebih tinggi daripada ban. Masuknya air ke bagian tersebut akan menyebabkan arus pendek sehingga membuat arus primer maupun sekunder tidak beraturan dan berakibat mogok pada mobil.

Selain itu, pastikan ketinggian air tidak melebihi knalpot atau saringan udara. Jalankan kendaraan dengan putaran mesin (rpm) tinggi 2.000 hingga 3.000 dan posisi gigi terendah yaitu 1. Tekan pedal gas terus menerus dan jangan diayunkan atau diturukan karena akan menyebabkan gelombang air akan masuk ke knalpot.

Bila ingin melewati banjir, tunggu genangan air yang tenang dan tidak bergelombang terlebih dahulu. Jika mesin kendaraan mati dan air masuk dalam saringan udara, mesin jangan dihidupkan terlebih dahulu.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

DEMAM POKEMON GO
Biar Tidak Kecelakaan, Begini Cara Tangkap Sambil Nyetir

JIBIPhoto

TIPS OTOMOTIF
Ini Tips Nyetir Aman Saat Puasa dari Pembalap Cantik

JIBIPhoto

LEBARAN 2016
KNKT : Sediakan Tempat Istirahat Pengemudi!

JIBIPhoto

TIPS OTOMOTIF
Mobil Sering Terobos Banjir, Awas Aquaplaning!

JIBIPhoto

Empat Penyakit Ini Perlu Diwaspadai oleh Pengemudi

JIBIPhoto

TIPS OTOMOTIF
 Begini Cara Mengemudi yang Aman Saat Mengantuk

JIBIPhoto

TIPS
Mengemudi di Malam Hari? Perhatikan Hal Ini