JIBIPhoto
Sejumlah kendaraan mengantre saat melintasi Jl. Slamet Riyadi, Solo. Kondisi semacam ini lazim terjadi pada masa liburan. (JIBI/Solopos/Dok.)

KIAT LIBURAN
5 Langkah Menghindari Stres Gara-Gara Macet

Solopos.com, BOGOR — Musim libur—sebagaimana libur Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan masa liburan sekolah kali ini—identik dengan macet di kawasan tujuan mudik atau pun jalur wisata. Bisa bikin stres di tengah harapan melepaskan stres sepanjang liburan.

Itulah pasalnya, Anda perlu mempersiapkan diri menghadapi macet selama berkendara pada masa liburan semacam itu. Laman aneka berita Kabar24 (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI), Kamis (26/12/2013), merangkum sederet kiat menghadapi macet agar liburan Anda tetap menyenangkan.

1. Pelajari Jalur Perjalanan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kemacetan adalah mencari tahu apakan jalur perjalanan Anda rawan macet. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek info lalu lintas atau meminta informasi satuan lalu lintas daerah yang bakal Anda lintasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah melalui media jejarin sosial atau akun Twitter yang telah disediakan, misalnya @TMCPoldaMetro.

2. Pilih Jalur Alternatif

Langkah lain yang bisa Anda tempuh demi menghindari stres akibat terjebak macet selama melakukan perjalanan selama liburan adalah menghindari jalur jalan utama yang langganan macet. Setelah Anda mengetahui daerah rawan macet, sangat bijaksana jika Anda mencari jalur alternatif. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan peranti berteknologi global positioning system (GPS) yang sudah tertanam pada smartphone ataupun tersedia di sebagian mobil. Dengan memilih jalur alternatif, Anda bukan hanya terhindar dari stres akibat terjebak mace, tetapi mungkin pula mendapatkan pengalaman baru yang menjadikan Anda fresh kembali.

3. Berangkat Lebih Cepat

Sebagian besar orang memilih waktu yang sama untuk melakukan perjalanan. Jika kecenderungan itu telah Anda deteksi, maka langkah bijaksana yang bisa Anda tempuh adalah menghindari waktu tersebut. Anda bisa berangkat lebih cepat daripada kebanyakan orang. Pilihan langkah itu bukan hanya bisa menghindarkan Anda dari kemacetan di jalan raya tetapi mungkin juga membuat Anda lebih leluasa menikmati objek wisata tujuan Anda tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

4. Gunakan Kendaraan Umum

Langkah lain untuk menghindari stres akibat kemacetan adalah dengan memanfaatkan layanan kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, selain berkontribusi pada kemacetan, Anda akan merasa lelah karena harus menyetir sambil menunggu arus lalu lintas lancar. Dengan kendaraan umum, Anda bisa beristirahat dan melakukan kegiatan lain saat terjebak macet. Bahkan Anda bisa memilih moda transportasi bebas macet seperti kereta api dan pesawat terbang.

5. Siapkan Pengusir Kebosanan

Melengkapi diri dengan pelbagai peranti pengusir kebosanan adalah antisipasi cerdik untuk menghindari stres di sepanjang perjalanan. Jika Anda suka, jangan lupa untuk membawa MP3 player, ataupun buku sebagai bekal perjalanan Anda. Peranti kesukaan Anda bisa membunuh rasa jenuh saat kendaraan yang Anda tumpangi tidak bergerak karena terjeban macet. Sedia makanan dan minuman juga akan bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari kelaparan.

 

 

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Ini 6 Jalur Alternatif Jika Menemui Macet di DIY

JIBIPhoto

Target Penjualan OPPO F5 Tercapai Lebih Cepat

JIBIPhoto

Ini Alasan Jalur Alternatif Sleman-Gunungkidul Perlu Kajian Matang

JIBIPhoto

Pemkab Gunungkidul Belum Tentukan Titik Pembangunan Jalur Ngoro-oro Menuju Ngalang

JIBIPhoto

PENEMUAN TERBARU
Teknologi Baru Ponsel Bebas Baterai

JIBIPhoto

Dewi Persik Tanggapi Heboh Jalan Dewi Sartika Berubah Jadi Namanya

JIBIPhoto

Hebohnya Warganet Tanggapi Jalan Dewi Persik di Bekasi