Soloraya
Senin, 25 November 2013 - 19:45 WIB

KASUS GLA : Saksi Diperiksa di Solo, Kejakti Dikritik

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilutrasi lahan bekas Griya Lawu Asri (GLA), Jeruksawit, Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Adib Muttaqin Asfar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Forum Karanganyar Rembug (FKR) mempertanyakan pemeriksaan sejumlah saksi dalam kasus korupsi Griya Lawu Asri (GLA) berlangsung di Kota Bengawan. Mestinya, pemeriksaan para saksi dilakukan di Karanganyar karena lokasi GLA berada di Karanganyar.

Demikian disampaikan Ketua FKR, Hendardi Heru Santoso, kepada Solopos.com, Senin (25/11/2013). Pernyataan Heru ini menyikapi langkah kejaksaan yang memeriksa sejumlah saksi kasus GLA yang menyeret nama Bupati Karanganyar, Rina Iriani sebagai tersangka.

Advertisement

“Kami mempertanyakan soal lokasi pemeriksaan itu. Kenapa harus digelar di Solo. Padahal, lokasi hukumnya berada di Karanganyar. Ada apa dengan pemindahan lokasi ini?” katanya.

Heru mengharapkan kejaksaan dapat melakukan tahap penydikan kasus GLA secara objektif dan transparan. Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Jateng juga harus melakukan penahanan Rina Iriani agar memudahkan proses penyidikan.

“Seandainya kejaksaan melakukan tugasnya dengan baik, tentunya kami akan mendukung langkah itu. Tapi kalau tidak benar, otomatis akan kami kritik. Dengan dipindahnya lokasi pemeriksaan ke Solo, memberi kesan kalau kejaksaan takut. Kami pun bersiap mengelar aksi demonstrasi kalau ada kejanggalan selama proses penyidikan,” ujarnya.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pada tahap awal, Kejakti memeriksa empat dari total 30 saksi yang akan diperiksa. Di antara saksi yang diperiksa di Solo, ada nama Susmiyati yang dikenal sebagai sekretaris pribadi, Rina Iriani.

“Sebagian besar aliran dana yang mengalir ke Rina Iriani yang mengurusi adalah Susmiyati. Di luar itu, masih ada kalangan parpol, LSM, dan yang lainnya yang turut menikmati aliran dana GLA,” kata Heru.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif