Soloraya
Senin, 26 Agustus 2013 - 03:15 WIB

PILKADA KARANGANYAR : LDII Belum Tentukan Dukungan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Lembaga Dakwah Islamiah Indonesia (LDII) belum menentukan arah suara massa mereka untuk mendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) dalam Pilkada Karanganyar.
Pasalnya, organisasi yang dikenal sebagai pendukung Bupati Karanganyar, Rina Iriani, dalam Pilkada lima tahun silam itu belum dapat melihat kualitas ketiga pasangan cabup-cawabup secara mendalam.

“Dalam Pilkada lalu, DPP [Dewan Pimpinan Pusat] LDII memang memberikan instruksi kepada DPD [Dewan Pimpinan Daerah] LDII Karanganyar untuk mendukung Rina Iriani, tapi kalau untuk Pilkada kali ini kami belum bisa pastikan akan mendukung siapa,” ujar Wakil Ketua DPP LDII Karanganyar, Abdul Syukur, saat dijumpai wartawan seusai acara penyerahan 300 sepeda motor dari DPP LDII kepada pengurus DPD LDII Karanganyar, di Masjid LDII Tegalgede, Karanganyar, Sabtu (24/8/2013) malam.

Advertisement

Abdul syukur mengatakan akan membebaskan seluruh jamaah LDII Karanganyar untuk memilih pemimpin mereka sesuai suara hati nurani masing-masing. Dia meyakini setiap anggota LDII pasti dapat menilai calon bupati yang sungguh-sungguh memiliki komitmen untuk untuk mensejahterakan rakyat.

Sebab, pada prinsipnya, segenap masyarakat menginginkan pemimpin yang berjiwa kerakyatan, mau berjuang untuk rakyat, serta senantiasa menjamin ketenangan beribadah bagi seluruh umat beragama.

Rina Iriani

Advertisement

“Kalau Ibu Rina boleh mencalonkan lagi, tentu kami akan memilih beliau. Tapi karena sesuai aturan tidak diperkenankan, maka kami akan melihat dulu, pasangan mana yang sekiranya memiliki sungguh-sungguh komitmen untuk mensejahterakan rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Karanganyar, Sutrimo, menyatakan perkembangan dakwah LDII semakin dapat diterima di tengah masyarakat Karanganyar. Hingga saat ini, anggota LDII sudah tersebar di 17 kecamatan serta 177 desa dan kelurahan di Bumi Intan Pari.

Pihaknya juga selalu berupaya melaksanakan kegiatan dakwah dengan tetap menaati setiap perundang-undangan yang berlaku di Kabupaten Karanganyar. “Kami selalu bersinergi dengan setiap program kerja pemerintah kabupaten,” kata dia dalam pidato sambutannya.

Advertisement

Selain pemberian 300 kendaraan operasional bagi para pengurus LDII di 17 kecamatan, DPP LDII juga menyalurkan bantuan uang tunai seniai Rp20 juta rupiah kepada DPD LDII Karanganyar. Selanjutnya, dana tersebut diserahkan kepada warga LDII yang berasal dari keluarga menengah ke bawah guna membantu meringankan beban dan biaya hidup mereka.

Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi, juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada para

penguruh DPD LDII yang telah membantu program kerja Pemkab Karanganyar, khususnya dalam menciptakan iklim keagamaan yang kondusif.

Advertisement
Kata Kunci : LDII Pilkada Karanganyar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif