Entertainment
Rabu, 4 April 2012 - 14:45 WIB

IKO UWAIS: Mantan Sopir Jago Bela Diri

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iko Uwais (Collider.com)

Iko Uwais (Collider.com)

Berkat aksinya yang ciamik dalam The Raid, Iko Uwais berhasil mencuri perhatian penonton. Aktor asli Betawi kelahiran Jakarta, 12 Februari 1983 ini semakin digandrungi penggemarnya.

Advertisement

Tidak sedikit yang memuji ketampanan dan kemampuan bela dirinya seperti yang ditulis Mety WulandC mendadak fans berat sama @Iko Uwais*the raid* dalam akun Twitternya @metywulandari serta Rati Putri Baitanu lewat akunnya @ratibaitanu really loveeeeee @iko_uwais.

Bukan kali ini saja Iko terlibat dalam film laga. Sebelumnya, pemilik nama Uwais Qorny ini pernah membintangi film Merantau pada 2009 lalu. Kemampuan seni bela diri Iko sudah terlatih sejak kecil. Ia bergabung dalam naungan sekolah silat Tiga Berantai milik pamannya yang menggunakan gaya khas Betawi.

Keseriusannya menekuni silat mengantarkan Iko meraih berbagai penghargaan seperti sebagai pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuraan Silat Nasional 2005. Dari silat pula, sutradara film Wales, Gareth Evans menemukan bakatnya lalu menggandengnya bermain film.

Advertisement

Dalam The Raid, Iko bahkan dipercaya sebagai koreografer bersama sesama aktor, Yayan Ruhian. Meski jago bela diri tapi ia mengaku baru bergaul dengan senjata laras panjang maupun pendek di film tersebut.

Wikipedia.org menulis tidak hanya jago bela diri, Iko juga berbakat dalam sepak bola. Ia sempat menjadi gelandang dalam Liga-B klub sepakbola Indonesia namun harus berakhir lantaran klubnya bangkrut.

Siapa sangka, laki-laki yang fobia kerupuk ini pernah melakoni pekerjaan sebagai sopir truk. Tapi kini Iko sudah memantapkan karier sebagai bintang film laga.

Advertisement

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi, Iko bahkan berkeinginan melanjutkan jejak seniornya seperti Barry Prima dan Willy Dozan. Film berikutnya yang akan dibintanginya diberi judul Berandal. Sobat Gaul yang penasaran tunggu saja aksi Iko selanjutnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif