News
Rabu, 28 Maret 2012 - 14:52 WIB

AFGHANISTAN: Berjejalan di Dalam Pesawat Demi Tugas

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SIAP BERTUGAS -- Personel militer AS beriringan menaiki pesawat angkut di Pangkalan Udara Manas, Kyrgyzstan, yang akan membawa mereka ke medan tugas di Afghanistan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

PADAT -- Suasana di dalam sebuah pesawat angkut serba guna C-17 Globemaster AU AS memperlihatkan personel militer AS duduk berjejalan menjelang keberangkatan mereka ke Afghanistan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

MANAS – Ingin tahu seperti apa situasi di dalam pesawat pengangkut pasukan. Lihat saja foto ini, yang menunjukkan bahwa naik pesawat bisa serasa naik bus yang sesak.
Advertisement

Foto ini diambil di dalam salah satu pesawat angkut serba guna C-17 Globemaster AU AS. Penumpang pesawat yang terlihat berjejalan itu adalah para personel militer yang akan dikirim bertugas di Afghanistan. Mereka berangkat dari Pangakalan Udara Manas di Kyrgyzstan, yang menjadi salah pusat transit personel dan logistik pasukan AS dan NATO untuk operasi di Afghanistan.

SIAP BERTUGAS -- Personel militer AS beriringan menaiki pesawat angkut di Pangkalan Udara Manas, Kyrgyzstan, yang akan membawa mereka ke medan tugas di Afghanistan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Fasilitas yang terletak 30 km dari Ibukota Kyrgyzstan, Bishkek, di Asia Tengah itu mengemban empat tugas utama yaitu menangani transit perpindahan personel serta kargo dari dan ke Afghanistan, transportasi udara, pengisian bahan bakar dan koordinasi bantuan kemanusiaan. Dalam sebulan saja ada sekitar 15.000 personel militer dan 500 ton muatan yang melalui tempat ini. Sebagai tempat transit pasukan, di sini tersedia pula aneka fasilitas rekreasi dan kebugaran.
Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Afghanistan AS Militer Pasukan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif