Soloraya
Minggu, 28 Februari 2010 - 20:36 WIB

Terminal Agribisnis mangkrak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Sub Terminal Agribisnis (STA) yang berlokasi di Desa Karangpandan, Karanganyar mangkrak lantaran tidak didukung oleh banyak pihak, terutama para petani sayur.

Kondisi STA yang dibangun sekitar 2004 itu tak terurus. Pintu masuk ke STA itu tidak terkunci sehingga siapa pun bisa masuk ke lokasi tersebut. Beberapa kaca jendela pecah. Rumput liar tumbuh menjulang di sekitar gedung STA.

Advertisement

Menurut kesaksian salah seorang warga yang setiap hari bekerja dekat dengan STA, jika malam hari STA itu sering digunakan beberapa orang untuk lokasi minum minuman keras. “Pintu toilet juga sudah dicuri orang,” kata warga yang menolak disebutkan namanya, Minggu (28/2).

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Karanganyar, Siti Maesyaroch mengatakan, STA sebetulnya memang digunakan sebagai pusat perdagangan beberapa produk pertanian dari berbagai kelompok tani, terutama sayur-mayur. Dia mengakui bahwa STA di Karangpandan itu kurang dioptimalkan sebagaimana mestinya. “Penataannya kurang pas,” tegas Siti.

Jika memang ada investor yang tertarik untuk mengelola STA itu, kata Siti, maka pihaknya akan membuka kerja sama. “Tapi sampai saat ini belum ada pihak ketiga yang tertarik,” ujarnya. Hanya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM yang saat ini berminat untuk memanfaatkan STA di Karangpandan itu untuk memasarkan produk khas dari Bumi Intanpari.

Advertisement

m87

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Karangpandan STA
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif