Soloraya
Jumat, 26 Februari 2010 - 19:39 WIB

Pungutan di Pasar Jumat dihentikan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Pungutan retribusi pedagang Pasar Jumat yang terungkap dalam inspeksi mendadak (Sidak) Komisi II DPRD Karanganyar akhirnya dihentikan. Sejumlah pedagang mengaku tak lagi terkena pungutan itu saat mereka berjualan, Jumat (26/2).

Menurut salah seorang pedagang Pasar Jumat, Agus, 30, penghentian pungutan itu bahkan dilakukan sejak Jumat (19/2) lalu. Namun demikian dia mengaku tidak mengetahui secara persis latar belakang dihentikannya penarikan retribusi senilai Rp 1.500/pedagang itu. Petugas yang sering berkeliling untuk memungut setoran, kata dia, tak lagi menagih setoran sejak Jumat pekan lalu.

Advertisement

“Biasanya memang ada pungutan, tetapi sudah dua Jumat ini berhenti. Petugasnya juga tak terlihat berkeliling. Saya sendiri tidak tahu pasti apa sebabnya, hanya kalau tidak salah dengar katanya menjadi masalah” ungkapnya ketika ditemui Espos di sela-sela kesibukannya berjualan

Hal serupa dikemukakan pedagang lain, Katijan, 60. Dia mengatakan tidak lagi membayar pungutan yang besarnya Rp 1.500/pedagang setiap kali berjualan, sejak Jumat (19/2) lalu. “Saya baru empat kali dikenai pungutan, tetapi dua Jumat terakhir tidak lagi,” sambungnya secara terpisah. Seperti pula Agus, Katijan yang berasal dari Solo mengaku tak tahu-menahu sebab penghentian pungutan.

Sebelumnya, Pemkab Karanganyar menampik bertanggung jawab atas pungutan terhadap pedagang Pasar Jumat. Hal itu karena tak ada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab setempat yang melakukan penarikan. Termasuk Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) yang menjadi penggagas awal Pasar Jumat. Pemkab berjanji menelusuri sumber karcis dan muara pungutan di Pasar Jumat.

Advertisement

try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pasar Jumat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif