Soloraya
Minggu, 3 Januari 2010 - 18:49 WIB

Harga merosot, petani sawi rugi besar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Petani sawi di Kecamatan Ngargoyoso mengalami rugi besar menyusul harga komoditas pertanian itu yang merosot signifikan selama dua bulan terakhir. Kondisi itu diperparah dengan hasil panen yang tidak maksimal karena sejumlah penyebab.

Salah seorang petani di Dukuh Kasihan Desa Punthukrejo, Joko Darsono, 56, menyebutkan pada musim panen kali ini tanaman sawi milik petani di lingkungan dukuhnya hanya dihargai senilai Rp 500/ikat. Nominal tersebut , kata dia, anjlok sangat tajam jika dibandingkan harga sayuran serupa periode-periode panen sebelumnya yang bisa menyentuh angka Rp 2.500/ikat atau mencapai lima kali lipatnya.

Advertisement

”Dengan harga saat ini, petani hanya mendapatkan sekitar Rp 1,5 juta saja per 3.000 meter (persegi)-nya. Itu sebabnya kami mengalami rugi besar. Pasalnya ketika harga sedang baik hingga senilai Rp 2.500/ikat, penghasilan yang bisa diraup dengan luas lahan yang sama mencapai Rp 7,5 juta,” ungkapnya ditemui Espos di sela-sela kesibukannya memanen sawi di kebunnya, akhir pekan lalu.

Joko memaparkan, selain harga, petani sawi di Ngargoyoso juga dirugikan oleh hasil panen yang tidak optimal. Dia mengemukakan musim panen kali ini banyak batang sawi yang diserang hama dan mengakibatkan daunnya menguning, karena itu tidak bisa dimanfaatkan. Menyangkut kerugian yang diderita, menurutnya disebabkan biaya produksi yang konstan dan bahkan cenderung membengkak.

Keluhan senada juga disampaikan petani lain di Dukuh Kasihan, Darso Purwito. Dia menyebutkan, penurunan harga sawi terutama dipicu keberadaan sayuran itu yang melimpah di pasaran. “Saat barangnya terbatas, sebenarnya harganya cukup bagus. Jika kemudian merosot ke kisaran Rp 500/ikat seperti terjadi sekarang, itu karena kecenderungan petani untuk membudidayakannya secara beramai-ramai dan stoknya berlebih,” sambungnya menambahkan.

Advertisement

try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Harga Sawi Karanganyar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif