Soloraya
Minggu, 23 Agustus 2009 - 17:24 WIB

Sejumlah kios Pasar Tawangmangu dibiarkan kosong

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar  (Espos)–Sejumlah kios di Pasar Wisata Tawangmangu hingga kini masih dibiarkan kosong oleh pemiliknya. Disinyalir, pedagang sengaja membiarkannya karena letak kios yang tidak strategis.

Menurut Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Tawangmangu (P3T), Suyono, jumlah kios yang masih tutup itu tidak seberapa. Pihaknya sendiri sudah berupaya membujuk pedagang agar membuka kios mereka, di mana pun kios itu berada.

Advertisement

“Namun kenyataannya, memang ada beberapa kios yang tidak mau buka. Sebab, letaknya tidak strategis dan jarang dilalui pengunjung. Jadinya, kios mereka sepi pembeli. Itu kata pemiliknya,” ungkap Suyono, kepada <I>Espos<I> akhir pekan lalu.

Penataan pedagang Pasar Wisata Tawangmangu sendiri, kata dia, menggunakan konsep <I>zoning block<I>. Setiap pedagang ditempatkan secara tersentral di masing-masing blok sesuai jenis dagangan mereka. Para pedagang setempat rata-rata terbagi menjadi beberapa kelompok dagangan, mulai dari buah-buahan, sayuran, kelontong, Sembako, pakaian dan lain-lain. Penataanya akan diatur sesuai blok agar tak membingungkan pengunjung. Pedagang sendiri diminta untuk tidak saling iri dengan kios/los yang mereka peroleh lewat undian itu.

“Memang pembagian kios/los pasar, dulu memakai sistem undian dan itu sudah kesepakatan antarpedagang. Namun, dalam perkembangannya, memang ada kios/os yang ramai dikunjungi pembeli, dan sebagian ada yang tidak begitu ramai. Ada juga yang kemudian tidak membuka kiosnya lagi karena merasa letak kiosnya tidak strategis dan jarang dilalui pengunjung. Tentu, hal ini akan dikaji bersama dan dicarikan solusinya. Sebab, jika kios tidak kunjung dibuka dalam tempo beberapa bulan berturut-turut, kios itu akan dilelang untuk umum,” ujar Suyono.

Advertisement

dsp

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kios Kosong
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif