Soloraya
Jumat, 14 Agustus 2009 - 17:01 WIB

Antisipasi puso, Distanbunhut siaga 171.000 kg bantuan benih

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Karanganyar siaga sekitar 171.000 kilogram bantuan benih padi, mengantisipasi bencana kekeringan.

Bantuan benih padi tersebut, nantinya akan disalurkan kepada 228 kelompok tani (KT) yang ada di seluruh wilayah Karanganyar. Terutama daerah-daerah yang dimungkinkan mengalami kekeringan atau puso. Di mana, masing-masing KT yang dijatah luasan 30 hektare, direncanakan mendapat bantuan benih padi sebanyak Rp 25 kilogram per hektare.

Advertisement

Kendati demikian, Kepala Distanbunhut Karanganyar, Siti Maisyaroh mengatakan, awal musim kemarau ini ketersediaan pangan di Karanganyar masih aman. Termasuk, areal persawahan yang ada di sekitar Waduk Lalung.

“Jika petani menaati SK Bupati terkait pola tanam, yakni bisa padi-padi-padi atau padi-padi-palawija, saya jamin aman. Tergantung wilayahnya. Sekarang, ketersediaan pangan masih aman,” tutur Siti kepada Espos, Jumat (14/8).

Untuk petani di sekitar Waduk Lalung, jika menaati pola tanam yang ada, pastinya sudah beralih ke tanaman palawija.

Advertisement

“Dan tentunya ini bertepatan dengan menipisnya volume air waduk Lalung.”

Pihaknya tidak mengatakan, bahwa kekeringan mulai mengancam Karanganyar. Meskipun musim kemarau sudah tiba dan sumber pengairan mulai menunjukkan penurunan volume.

“Kekeringan sudah bisa kami sebut sebagai bencana, jika sudah ada laporan dari petugas yang berwenang, melalui berita acara bahwa di wilayah tersebut benar-benar terjadi kekeringan. Dan itu pun akan kami lakukan cek lapang terlebih dahulu.”

Advertisement

Tentunya, dalam hal ini Distanbunhut bekerja sama dengan DPU Pengairan.

haw

Advertisement
Kata Kunci : Distanbunhut Puso Siaga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif